usg-3-11-2011

Perkembangan Janin Usia 9 Bulan

Ibu akan mengalami sedikit kebimbangan karena perkembangan janin yang cukup besar dan rasa gugup menghadapi kelahiran. Periode ini adalah periode dimana ibu merasakan berbagai level kontraksi. Ibu akan sangat sulit tidur. Payudara akan membengkak dan terisi susu walaupun belum akan sepenuhnya terisi sampai ibu melahirkan. Posis janin yang agak turun membuat ibu lebih leluasa untuk bernafas tetapi pergerakan kebawah ini menimbulkan tekanan pada kandung kemih. Pada kehamilan bulan terakhir ini, banyak percampuran rasa emosial dan fisik, maka ibu harus mempersiapkannya dengan baik. Beberapa tanda pada periode ini adalah kelelahan, sembelit, rasa terbakar pada jantung, sakit punggung, gusi berdarah, tekanan pada kandung kemih dan air susu yang keluar. Ibu juga akan mengalami pembengkakan pada payudara, mimisan, pembengkakan, sesak nafas, hemorrhoid, masalah tidur dan mood yang berubah-ubah karena kematangan kandungan pada periode kehamilan 9 bulan.

Perkembangan janin pada usia 9 bulan adalah usia persiapan matang janin agar janin siap dilahirkan. Beberapa perkembangan detail yang berkaitan dengan kelahiran sudah mulai Nampak. Pada periode ini, hal yang paling penting adalah menambah bobot untuk mensuplai energi yang dibutuhkan pada saat hari-hari pertama ia dilahirkan dan sebelum ia mendapatkan ASI. Masa ini adalah masa dimana paru-paru janin akan berkembang secara maksimal sampai siap untuk menhirup udara luar. Rambut halus janin sudah mulai tumbuh dan kulitnya juga sudah bisa memproteksi janin dari lingkungan. Kukunya juga mungkin sudah tumbuh panjang. Matanya sudha berwarna walaupun masih akan berubah-ubah dalam enam bulan kedepan. Sistem kekebalan tubuhnya masih lemah, karenanya, ia masih mendapat perlindungan dari plasenta. Saat ia dilahirkan, perlindungannya akan langsung disuplai oleh kolostrum dan susu.

Perkembangan Janin Usia 33 Minggu. Bayi telah memiliki bentuk wajah yang menyerupai ayah dan ibunya. Otak bayi semakin pesat berkembang. Pada saat ini juga otak bayi sudah mulai bisa berkoordinasi antara lain, bayi sudah menghisap jempolnya dan sudah bisa menelan. Walaupun tulang-tulang bayi sudah semakin mengeras tetapi otot-otot bayi belum benar-benar bersatu. Bayi sudah bisa mengambil nafas dalam-dalam walaupun nafasnya masih di dalam air. Apabila bayinya laki-laki maka testis bayi sudah mulai turun dari perut menuju skrotum. Berat badan bayi 1800-1900 gram, dengan tinggi badan sekitar 43-45 cm.

Perkembangan Janin Usia 34 Minggu. Bayi berada di pintu rahim. Bayi sudah dapat membuka dan menutup mata apabila mengantuk dan tidur, bayi juga sudah mulai mengedipkan matanya. Tubuh bunda sedang mengirimkan antibodi melalui darah bunda ke dalam darah bayi yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuhnya dan proses ini akan tetap terus berlangsung bahkan lebih rinci pada saat bunda mulai menyusui. Berat Badan bayi 2000-2010 gram, dengan tinggi badan sekitar 45-46 cm.

Perkembangan Janin Usia 35 Minggu. Pendengaran bayi sudah berfungsi secara sempurna. Lemak dari tubuh bayi sudah mulai memadat pada bagian kaki dan tangannya, lapisan lemak ini berfungsi untuk memberikan kehangatan pada tubuhnya. Bayi sudah semakin membesar dan sudah mulai memenuhi rahim bunda. Apabila bayi bunda laki-laki maka di bulan ini testisnya telah sempurna. Berat badan bayi 2300-2350 gram, dengan tinggi badan sekitar 45-47 cm.

Perkembangan Janin Usia 36 Minggu. Kulit bayi sudah semakin halus dan sudah menjadi kulit bayi. Lapisan lemak sudah mulai mengisi bagian lengan dan betis dari bayi. Ginjal dari bayi sudah bekerja dengan baik dan livernya pun telah memproduksi kotoran. Saat ini paru-paru bayi sudah bekerja baik bahkan sudah siap bertemu dengan mama dan papa. Berat badan bayi 2400-2450 gram, dengan tinggi badan 47-48 cm

Perkembangan Janin Usia 37 Minggu. Kepala bayi turun ke ruang pelvik. Bentuk bayi semakin membulat dan kulitnya menjadi merah jambu. Rambutnya tumbuh dengan lebat dan bertambah 5cm. Kuku terbentuk dengan sempurna. Bayi sudah bisa melihat adanya cahaya diluar rahim. Bayi pada saat ini sedang belajar untuk mengenal aktifitas harian, selain itu bayi juga sedang belajar untuk melakukan pernafasan walaupun pernafasannya masih dilakukan di dalam air. Berat badan bayi di minggu ini 2700-2800 gram, dengan tinggi 48-49 cm.

Perkembangan Janin Usia 38 Minggu. Proses pembentukan telah berakhir dan bayi siap dilahirkan.

 
Source: http://www.kesehatan123.com/3023/kehamilan-9-bulan/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s